Halaman

Rabu, 22 Juni 2011

DADAK MERAK





JATHIL





WAROK




LEGALITAS

BUJANG GANONG





KAJIAN HISTORIS LEGENDA REYOG PONOROGO

KAJIAN HISTORIS LEGENDA REYOG PONOROGO

Slamet Sujud P.J.

Abstract: As an oral tale or folktale, Legenda Reyog (The Legend of Reyog Ponorogo (LRF')) has the potential to be linked to factual events, history, geographical background, beliefs, and historical figures. LRP also comprises several elements of culture or social reality of the tale owners, that is, their experience of the past or their history. As a verbal literature, LRF' is a kind of historical literary work in the sense that there is a fusion of historical and literary elements. The historical approach in this research is aimed at presenting information about historical interpretations of figures, locations, and events in LRP connected to the history of Wengker-Kadiri Kingdom. In the analysis, some identification of the relationships between LRP and some available historical facts are conducted. The identification is carried out by relating figures, locations, and events in LRP with figures, locations, and events in the history of Wengker-Kadiri Kingdom, especially during the sovereignty of Airlangga.

Key words: The Legend of Reyog Ponorogo, history, identification

Menurut Raglan (1965:150) legenda seringkali dipandang sebagai "sejarah" kolektif folk"history"), meskipun "sejarah" itu karena tidak tertulis telah mengalami distorsi sehingga seringkali dapat berbeda dengan kisah aslinya. Oleh karena itu, jika hendak memanfaatkan legenda sebagai bahan untuk pengkajian sejarah, maka harus membersihkan dahulu bagianbagian yang mengandung sifat pralogis.

Sementara itu, Bascom dalam Danandjaja (1984:50) menjelaskan bahwa legenda sebagai cerita lisan merupakan cerita prosa rakyat tentang tokoh, peristiwa atau tempat tertentu yang dianggap oleh yang empunya cerita sebagai suatu kejadian yang sungguh-sungguh pernah te jadi pada jaman dahulu, yang ada hubungannya dengan kejadian sejarah. Dengan demikian legenda sebagai naratif lisan mengandung fiksional dan historis sekaligus, seperti tampak pada legenda lokal (local legend). Dengan diyakininya sebagai fakta yang pernah terjadi pada masa lampau maka legenda dapat memberikan informasi tentang tokoh manusia, peristiwa historis, dan lokasi geografis.

Demikian pula LRP sebagai cerita rakyat yang dianggap ada hubungannya dengan peristiwa sejarah kerajaan Wengker ini diyakini benar-benar terjadi sehingga diduga banyak mengandung muatan historis. Dengan kata lain bahwa ada hubungan antara LRP dengan latar belakang atau konteks historisnya, baik menyangkut tokoh, lokasi maupun peristiwa dalam kaitannya dengan periode sejarah kerajaan di Jawa Timur, khususnya jaman kerajaan Wengker dan Kadiri pada masa kekuasaan Airlangga dan sesudahnya.


METODE

Sebagaimana halnya prosedur kerja dalam kajian sejarah pada umumnya, maka pendekatan historis ini perlu memperhatikan beberapa langkah dalam kegiatannya. Menurut Langlois dan Seignobos (1925) seperti dikutip dalam Abdullah (1982), langkah-langkah yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

· pertama, berupa usaha mengumpulkan jejak atau sumber sejarah. Metode pengumpulan data brrfungsi untuk membantu dalam mendapatkan data guna penyusunan ini yang antara lain adalah observasi, wawancara, dan kajian kepustakaan.

· Kemudian langkah kedua adalah usaha untuk menyeleksi atau menyaring jejak atau sumber.

· Selanjutnya menyusul langkah ketiga berupa usaha pengolahan data. Dari berbagai sumber yang telah diseleksi tersebut, kemudian ditelaah, dibandingkan dan ditafsirkan, untuk kemudian ditarik kesimpulan seobjektif mungkin. Dalam pengolahan data digunakan metode analisis, sintesis komparatif, dan pengambilan kesimpulan dengan usaha menginterpretasikan hubungan fakta satu dengan fakta lainnya yang mewujudkan peristiwa tertentu.

· Akhirnya langkah yang keempat adalah penulisan sejarah.

Kajian historis berikut ini akan dilakukan dengan cara menelusuri sumber-sumber sejarah yang memiliki nilai historis tinggi seperti prasasti, atau paling tidak suatu nilai semi historis berupa karya sastra (Damais, 1965:18). Apabila belum ditemukan prasasti atau kesusastraan yang khusus nlembahas tentang tokoh dan kejadian sejarah yang berhubungan dengan kerajaan Wengker, maka dapat digunakan berbagai jenis sumber lain yang memberikan keterangan mengenai kerajaan Wengker. Sumber ini adalah prasasti maupun kesusastraan sejaman. Oleh karena itu penulis harus membangun cerita sejarah kerajaan wengker serta tokoh dan lokasinya dari sejumlah fakta yang tersebar dalam beberapa prasasti dan sumber tertulis lainnya (Boechari, 19655 1).

Demikianlah, kajian historis dalam penelitian legenda ini dimaksudkan untuk memberikan keterangan tentang interpretasi historis terhadap tokoh, lokasi, dan peristiwa dalam legenda terkait dengan sejarah hubungan kerajaan Wengker dan Kadiri. Oleh karena ini dalam perkara identifikasi akan dilakukan analisis hubungan antara LRP dengan fakta historis. Idenfifikasi ini dilakukan dengan menghubungkan tokoh, lokasi, dan peristiwa yang dikisahkan dalam legenda dengan tokoh, lokasi, dan peristiwa dalam periode sejarah kerajaan Wengker dan Kadiri pada jaman Airlangga dan sesudahnya. Sudah barang tentu nama-nama tokoh legendaris kadang sulit diidentifikasi. Demikian pula peristiwa dan nama-nama tempat atau kerajaan legendaris sering sulit dilokasikan. Namun ha1 ini dapat diatasi dengan bantuan studi toponimi. Jika ada peristiwa dan nama yang tidak sesuai dengan peristiwa dan nama faktual historis, maka perbedaan itu dapat dipandang sebagai proses kreatif atau proses transfonnatif dari pihak pencerita.


HASIL DAN PEMBAHASAN

Keterkaitan Historis LRF' dan Sejarah Kerajaan Wengker-Kadiri

Kerajaan Wengker sebenarnya sudah disebut-sebut sejak atau bahkan sebelum jaman Mataram Jatim masa kekuasaan Airlangga. Salah satu prasasti yang penting sebagai sumber sejarah adalah prasasti Pucangan atau yang dikenal pula dengan nama Prasasti Calcutta. Prasasti ini dikeluarkan oleh raja Airlangga pada tahun 963 sakd6 November 1041 M (Brandes, 1913: 137, OJO LXII).

Bagian yang berbahasa Sansekerta memuat silsilah raja Airlangga yang dimulai dari raja Sri Isanatungga atau Pu Sindok Sri Isanawikrama Dharma-tunggadewa (Boechari, 1965). Sementara bagian yang berbahasa Jawa Kuna lebih banyak memberi keterangan tentang akhir masa pemerintahan Dharmmawangsa Teguh, yakni karena diserang oleh raja bawahan dari Wurawari yang menyerang dari Lwaram (Soekmono, 1973:52). Disebutkan pula bahwa Dharmmawangsa Airlangga dapat menyelamatkan diri dari serangan Haji Wurawari pada tahun 1061 M, pada waktu itu ia berusia 16 tahun, dan masuk hutan di lereng gunung bernama Wanagiri dengan hanya diikuti seorang hamba yang bernama Narottama(Poerbatjaraka, 1941).

Pada tahun 941 Saka (1019 M) Airlangga ditahbiskan sebagai raja menggantikan Dharmmawangsa Teguh dan bergelar Rake Halu Sri Lakeswara Dharmmawangsa Airlangga Anantawikramotunggadewa (Soekmono 1973:55, Sumadio 1984:177). Untuk memperkokoh dan melegitimasi kedudukannya sebagai pewaris yang sah atas tahta kerajaan Dharmmawangsa Teguh dan benar-benar masih keturunan Pu Sindok, maka Airlangga kemudian membuat silsilah. Meskipun sudah ada silsilah tersebut, namun masih ada pula pihak-pihak yang merasa tidak puas, termasuk para raja bawahan Teguh yang tidak tunduk lagi padanya. Oleh karena itu sebagian besar masa pemerintahan Airlangga dipenuhi dengan peperangan penaklukan kembali semua raja bawahan itu.

Prasasti Pucangan memberikan keterangan tentang penyerangan-penyerangan raja Airlangga atas musuh-musuhnya mulai tahun 951 Saka (1029 M), hingga tahun 959 Saka (1037 M). Serangan Airlangga antara lain ditujukan ke Wuratan, Haji Wengker, Haji Wurawari, dan Raja Hasin.

Tahun 952 Saka (1030 M) raja Airlangga berhasil mengalahkan Haji Wengker yang bernama Panuda yang hina seperti Rawana. Kata Panuda jelas disebutkan oleh Brandes (1913:138) dalam OJO LXII sisi depan baris ke 20 dan 21 sebagai berikut.

"ta pi nzaharaja dumonikang panuda ... guru tumanggul caddhya decani ... ratan,aticayeng mahabala.sa ... n. paharpharpan niwang haji wangkir, kawada ta ika de pi maharaja irikangcakakala 952 nzangkinakuyanahani".

Sementara oleh Krom (1931) raja Panuda ini ditulis adhamapanuda. Sedangkan dalam transkripsi Kern (1917) ditulis adhamapanuda, tetapi ada kelihatan tanda wisargga di belakaug, ma sehingga hams dibaca adhanzah panundabhidanas. Dengan demikian kata adhama yang berarti hina itu bukan bagian dari nama, melainkan keterangan saja. Juga di sini angka tahun di bagian yang berbahasa Sansekerta berbunyi dalam sengkalan: varsse sakasyayamabhuta - ile rajendro (= 952 Saka).

Akibat serangan Airlangga inilah, raja Panuda kemudian lari meninggalkan keratonnya di Lewa, tetapi dikejar tems hingga ke Desa Galuh dan Barat. Kata Lewa sebenamya sudah tidak jelas lagi, karena batunya usang. Brandes (1913:139) membacanya Lewa, seperti disebutkan dalam OJO LXII sisi depan baris ke-22 yang berbunyi.

"nzinggalaken karajyanira ... ngu ... ha kadaiwanilewa bunutnikang deca galuh mwang deca barat, an tinkan sinahsanirikang cakakala 953 ... qri mahara ... ".

Sementara Kern (1917) hanya membaca huruf akhirnya saja. Sedangkan Krom (1931) mengusulkan pembacaan rawa, dengan memberi catatan bahwa baik Rawa maupun Lewa sebagai nama tempat. Selanjutnya disebutkan pula dalam Prasasti Pucangan bahwa pada tahun 953 Saka (I 03 1 M) anak raja Panuda dapat dikalahkan dan keratonnya dihancurkan.

Rupa-rupanya Haji Wengker memberontak lagi, meskipun daerahnya selalu didatangi tentara raja Airlangga pada tiap bulan Asuji. Maka pada tahun 957 Saka (1035 M), Haji Wengker meninggalkan keratonnya di Tapa, dan melarikan diri ke daerah yang sulit dicapai, meninggalkan anak istri, kekayaan, dan semua kendaraan kerajaan. Dialah raja terakhir yang masih belum tunduk pada raja Airlangga. Baru pada tahun 959 Saka (1037 M) ia dapat ditangkap di Kapang. Bagian yang berbahasa Sansekerta mengatakan bahwa raja Airlangga dengan tentaranya yang tidak terbilang banyaknya menyerbu ke arah barat pada tahun 957 Saka (20 Agustus 1035 M). Raja yang diserbu bernama Wijayawarmma. Tetapi baru pada tahun 959 Saka (3 November 1037 M), dengan menggunakan taktik yang diajarkan oleh Visnugupta, raja Wijayawannma ditangkap oleh rakyatnya sendiri, lalu dibunuh. Melihatbegitu seringnya Haji Wengker memberontak terhadap raja Airlangga, yang membawa akibat sering mendapat serangan dari Airlangga, maka Boechari (1965) berpendapat bahwa bukan Haji Wurawari yang dianggap Airlangga sebagai musuhnya yang terbesar, melainkan Haji Wengker.

Dengan terbunuhnya raja Wijayawarmma dari Wengker itu maka selesailah kampanye penaklukan raja Airlangga. Dengan demikian prasasti Pucangan membuktikan bahwa Airlangga sebagai pemersatu kerajaan (Mesiah) yang menyatukan kembali semua raja bawahannya yang telah memberontak.

Mulai dari prasasti Cane (943 Saka), prasasti Sumber Gurit atau prasasti Munggut (945 Saka) dan prasasti Kamalagyan (959 Saka) disebutkan bahwa pada masa pemerintahan Airlangga yang menjabat kedudukan rakryan nzahamantri i hino (putra mahkota kerajaan) adalah seorang putri bernama Sri Sanggramawijaya Dharmmaprasadottunggadewi. Seperti antara lain disebutkan dalam prasasti Sumber Gurit tahun 945 Saka (1023 M) yang ditemukan di Kudu, Jombang (Damais 1952:No. 136, Suhadi & Richadiana 1996:45) baris ke 6 dan 7 sebagai berikut.

" ... dharnunawangsa airlangga wikramotfunggadewa, tinadah rakryannmhainanfrihino sri sanggrama wijaya prasado ftunggadewi ... "

Nama Airlangga dan putri mahkotanya yaitu i hino Sri Sanggramawijaya juga disebutkan dalam prasasti Sendang Rejo atau prasasti Pasar Legi di Ngimbang, Lamongan (ROD 1915 No. 1824). Prasasti ini berangka tahun 965 Saka atau 1043 M (Suhadi & Richadiana, 1996:58). Akan letapi di dalam prasasti Pucangan dan prasasti Pandan tahun 964 Saka (1042 M) yang menjabat hino adalah Sri Samarawijaya Dhamasuparnnawahana Tguh Uttunggadewa, seorang laki-laki. Rupa-rupanya antara 11 November 1037 M dan 6 November 1041 M, Sri Sanggramawijaya digantikan oleh Sri Samarawijaya karena hal-ha1 yang belum jelas.


Untuk menghindari perang saudara, maka akhimya Airlangga terpaksa mengambil langkah yang diketahuinya menyimpang dari landasan Kosmogonis kerajaan, yaitu membagi kerajaan menjadi dua, yakni kerajaan Pangjalu (Kadiri) dengan ibukota Dahanapura dan kerajaan Janggala (Singhasari) yang berkedudukan di Kahuripan (Boechari, 1968; Sumadio, 1984).

Setelah masa gelap selama kira-kira 60 tahun, yang muncul dalam sejarah adalah kerajaan Kadiri dengan ibukotanya di Daha yang mungkin sekali berada di daerah Kediri sekarang. Hal ini dapat disimpulkan dari tempat-tempat penemuan prasasti batu yang sebagian besar ada di daerah Kediri.

Prasasti penting yang berkaitan dengan kerajaan Wengker pada masa Kadiri ini adalah prasasti Ukir Negara I1 yang berangka tahun 1120 saka (Desember 1198 M atau Januari 1199 M). Prasasti ini berisi tentang pemberirin anugerah sima dari Jigyaya Resi kepada Dyah Limpa dari desa Pamotan (daerah Pare, Kediri). Tahun prasasti Ukir Negara I1 ini bertepatan dengan pemerintahan dua orang raja yaitu Sri Jayawarsa (di Wengker, Ponorogo) dan Srengga atau Krtajaya (di Kadiri). Karena prasastinya menyebut gelar Resi di belakang namanya, maka raja ini telah mulai memasuki pertapaan dan mengurangi kegiatan duniawi. Dari sudut pandang ini maka raja Jayawarsalah yang diduga mektahkan turunnya prasasti Ukir Negara I1 ini. Sementara itu raja Srengga atau Krtajaya memang masih aktif memerintah dan tercatat dalam Pararaton masih berperang melawan Ken Angrok di Ganter pada tahun 1222 M. Pendapat ini agak meragukan karena Sri Jayawarsa berkuasa di Wengker-Ponorogo (prasasti Sirah Keting dan Mruwak), sedangkan wilayah perdikan (sima) yang disebut di dalam prasasti Ukir Negara I1 berada di Pare, suatu wilayah sekitar 30 km di sebelah timur laut Kediri. Berdasar tinjauan wilayah ini maka seharusnya yang menitahkan turunnya prasasti Ukir Negara I1 adalah raja Srengga atau Krtajaya (Suhadi & Richadiana, 1996:52).

Yang memang menimbulkan permasalahan ialah munculnya raja Sri Jayawarsa Digwijaya Sastraprabhu di dalam prasasti dari desa Sirahketing kabupaten Ponorogo yang berangka tahun 1126 Saka (8 November 1204 M) (Brandes, 1913:149, OJO LXVI). Sebuah prasasti yang lain dari raja ini adalah prasasti yang ditemukan di desa Mruwak, kecamatan Dagangan, kabupaten Ponorogo, tidak jauh dari desa Sirahketing, letaknya di tengah-tengah kuburan. Prasasti Mruwak atau Marwak ini berangka tahun 1108 Saka (1 186 M), karena pada bagian depan masih terbaca angka tahun 1108 Saka, nama desa Marwak (Marewak), dan nama Digjaya Sastraprabhu (Suhadi & Richadiana, 1996:41). Kalau prasasti Mruwak dapat dibaca lengkap maka data mengenai raja Sastraprabhu ini akan terungkap lebih banyak lagi. Nama Digjaya Sastraprabhu juga sudah disebut di dalam prasasti Sirahketing pada sisi depan baris 3 4 yang menyebut.

qri jayawarsa

digjaya qastra prabhu

Sisi depan baris 14 : pi qastraprabhu

Sisi kanan baris 14 : denita sira qri jayaprabhu

Sisi belakang baris 2 : qrijayaprabhu

Raja Sri Jayawarsa Digjaya Sastraprabhu ini menyebut dirinya cucu atau keturunan dari anak sang Apanji Wijayamertawardhana atau Sri Icana Dharmmawangsa Tguh Anantawikramottunggadewa. Mengingat angka tahun dan tempat penemuan kedua prasasti itu dapatlah disimpulkan di sini bahwa Jayawarsa ini bukan raja di Daha (Kadiri), tetapi seorang anggota keluarga raja Daha yang mendapat daerah lungguh di wilayah Ponorogo sekarang (Wengker), dan pada suatu ketika merasa dirinya cukup kuat untuk melepas dirinya dari kekuasaan kemaharajaan di Daha (Sumadio, 1984:275). Raja ini memerintah di Kerajaan Wengker antara tahun 1186-1204 M (Suhadi & Richadiana, 1996:52).

Perlu dikemukakan bahwa isi prasasti Sirahketing ini dimulai dengan puji-pujian kepada raja Jayawarsa sebagai penjelmaan desa Wisnu, disembah di seluruh dunia bagaikan matahari dan bulan, serta bagaikan air amerta bagi seluruh rakyat. Prasasti ini dibuat untuk memperingati masa pemerintahan raja yang telah berlangsung selama seribu bulan. Manggala itu menurut transkripsi Brandes (1913:149, OJO LXVI) berbunyi sebagai berikut.

I I o I I om swasthii dirgh~yuriistu

I I o 11 sang hyang wisnu siriiqarira sira ring bhuwana subhaga wasta ring praja swastha qri jayawarsa di.gjaya qastra prabhu saphala sinembahing sarat saksiit bhaskara candratirtha sira tamrta ri hajeng ikang sarat kabeh astwd ninggyasahaqracandrapangadeg nira siniwi haneng jagat krtii I I

Bandingkan manggala tersebut dengan transkripsi dari Stutterheim (1940:345, TBG LXXX) yang berbunyi sebagai berikut.

I / o 1 1 om swastha dirghayur astu

j j o 1 1 sang hyang wistzu sirasani ra sira ring bhuwana subhaga wasta ring praja. swastha sri jayawarsa digwijaya sastraprabhu saphala sinkmbahing sarat. Saksaf bhaskara candra tirtha sira ta saka ri hajeng nikang sariit kabeh astwa ningkyi sahasracandrapangadeng nira sun wi haneng jagat krta I /

Di sini yang perlu dipermasalahkan adalah kalimat yang menerangkan bahwa raja telah memerintah selama seribu bulan (83 tahun 3 bulan). Dapatkah kalimat ini diterima begitu saja secara harafiab, yang memberikan gambaran kepada kita bahwa pada tahun 1204 M Jayawarsa tentulah sudah berumur sekitar 100 tahun (Sumadio, 1984:276). Melihat masa pemerintahannya yang begitu lama (83 tahun lebih), yakni sejak 863-1 126 Saka (941-1024 M) atau sejak 941 M hingga prasasti ini dikeluarkan tahun 1024 M, maka jelas bahwa kalimat itu tidak bisa diterima begitu saja secara harafiah. Hal ini dapat dibuktikan dari prasasti Pucangan (963 Saka) yang menyebutkan bahwa raja yang memerintah Wengker pada waktu diserang Airlangga tahun 952 Saka (1030 M) adalah Panuda (Adhamapanuda). Demikian pula pada waktu Wengker memberontak lagi dan diserang oleh Airlangga pada tahun 957 Saka (1035 M), yang berkuasa di Wengker bukanlah Sri Jayawarsa, melainkan Wijayawarmma. Nampaknya dengan kalimat tersebut, sebenarnya Sri Jayawarsa ingin menunjukkan bahwa eksistensi atau keberadaan kerajaan Wengker di Ponorogo sudah ada sejak 941 M. Atau dengan kata lain bahwa kerajaan Wengker paling tidak sudah muncul dalam panggung sejarah sejak sebelum masa pemerintahan Dharmmawangsa Teguh, atau mungkin bahkan sejak periode Mataram Jawa Timur dalam jaman Wangsa Icana (Pu Sindok). Pendapat ini dapat pula didukung dari gelar yang dipakai oleh raja yang berkedudukan sebagai penguasa daerah seperti halnya di Wengker, yaitu Haji Wengker (seorang samya haji) biasa digunakan pada jaman Wangsa Icana. Bahkan kerajaan Wengker masih tetap eksis pada masa selanjutnya (masa Majapahit Akhir), seperti yang tampak dari gelar Bhatara i atau Bhre (Bhre Wengker) yang biasa digunakan pada jaman Wangsa Rajasa. Dan tidak menutup kemungkinan pula bahwa kerajaan Wengker masih berkembang pada masa pemerintahan Prabu Brawijaya V (Kertabhumi) hinpga Indonesia Islam (Bhatara Katong dan penerusnya).

Selanjutnya prasasti dari Sirahketing ini berisi keterangan tentang anugerah raja Jayawarsa kepada seorang atitih (?) yang bernarna Marjaya berupa pemberian hak-hak istimewa, karena Marjaya itu telah memperlihatkan kebaktiannya kepada raja. Keterangan ini dapat dilihat pada transkripsi Brandes (1913:149, OJO LXVI) pada sisi belakang prasasti yang memuat kalimat sebagai berikut.

"ya makmitana sang hyang ajna haji anugraha rasdmrta subaddhakna pagehnyanugraha nira sira pi jaya prabhu irikang atitih mangaran marjaya yadyan ikang marjaya mantuka ring koluyan makasonga kawnangan sang hyang riijdnugraha kdngkin kc? manggalZstawdnya ring rat kalilirana deni wka wetnya mne hlim ta ri dldha ning dldhade ... "

Di antara hak-hak istimewa itu terdapat hak untuk menggunakan dampa blah karajyan (dampar pembagian kerajaan?) (Stutterheim, 1940). Apa yang dimaksudkan dengan dampa blah karajyan itu tidaklah jelas. Rupa-rupanya istilah blah karajyan itu mengingatkan kita kepada peristiwa pembagian kerajaan oleh raja Airlangga. dimungkinkan munculnya Jayawarsa ini gayut dengan perkara hak atas kerajaan yang diwariskan oleh Airlangga dan pertentangan antara keturunan Dharmmawangsa Teguh secara langsung dengan keturunan Airlangga. Dalam ha1 ini seperti yang telah dikemukakan di atas, Jayawarsa mengaku dirinya keturunan Teguh secara langsung, sedangkan raja-raja di Daha ialah keturunan Airlangga seperti misalnya saja Jayabhaya yang mengukuhkan kembali anugerah raja Airlangga kepada penduduk desa Talan dalam prasasti Talan tahun 1058 Saka.

Dalam hubungan ini perlu dicatat bahwa prasasti Sirahketing itu hampir bersamaan dengan prasasti Lawadan, yaitu prasasti yang hingga kini kita kenal sebagai prasasti terakhir atas nama raja SrenggdKrtajaya. Diperkirakan sejak tahun 1204 M timbul "persaingan" kekuasaan antara Daha (Kadiri) dengan daerah kekuasaan Jayawarsa di Wengker (Ponorogo), yang kemudian memperlemah posisi Daha (Sumadio, 1984:276).

Identifikasi Tokoh, Lokasi, dan Peristiwa Legenda dalam Sejarah

Walaupun mempunyai banyak versi, LW pada dasarnya diakui menceritakan kisah yang sama, yaitu tentang raja dari kerajaan Bantarangin bernama Kelana Sewandana yang mempersunting putri raja Kadiri bernama Dewi Sanggalangit dengan mengutus patihnya bernama Pujangganong. Altan tetapi terjadi peperangan antara Singabarong dan para prajuritnya melawan raja, patih, dan prajurit dari kerajaan Bantarangin. Dengan mendasarkan pada kisah yang diceritakan LRP tersebut, maka berikut ini akan diuraikan hasil identifikasi, baik identifikasi tokoh, peristiwa, dan lokasi geograftsnya.

Identifikasi Tokoh

Menghubungkan nannla-nama tokoh dalam LRP dengan nama-nama tokoh dalam fakta sejarah sudah barang tentu akan mengalami kesulitan, terutama dalam mengidentifikasikan tokoh-tokoh legendaris. Hal ini disebabkan karena adanya sifat anakronisme dari urutan peristiwanya, yaitu tidak diperhatikamlya urut-urutan waktu terjadinya peristiwa secara benar, sehingga konteks tokohnya menjadi kurang jelas. Oleh karena itu, dalam ha1 ini dapat terjadi adanya perbedaan penafsiran. Di samping itu kita masih banyak menghadapi banyak versi LRP yang beberapa di antaranya menunjukkan adanya perbedaan tokoh secara sifnifikan. Namun demikian berikut ini akan diupayakan identifikasi tokoh sesuai konteks ruang dan waktu yang disebutkan baik dalam legenda maupun dalam fakta historis. Berdasarkan versi yang beredar maka dapat diketahui bahwa LRP dibangun melalui pemeran tokoh-tokoh seperti: Kelana Sewandana, Dewi Sanggalangit, raja Kediri, Pujangganong, dan Singalodra.

Indentifikasi Tokoh Kelana Sewandana

Kelana Sewandana adalah raja muda Kerajaan Bantarangin yang masih jejaka, tampan, dan digdaya. Ia adalab raja yang sakti mandraguna dan memiliki sebuah pusaka andalan berupa cemeti bernama Kyai Peat Samandiman yang sangat ampuh. Seorang patihnya berwajah buruk rupa tapi amat sakti yaitu patih Pujangganong. Prabu Kelana Sewandana sedang kasmaran (kelana wuyung) pada Dewi Sanggalangit, seorang putri raja dari kerajaan Daha (Kediri). Ia mengutus patih Pujanggarong untuk melamar putri yang cantik tersebut.

Menilik keterangan dalam Prasasti Pucangan yang dikeluarkan Airlangga pada tahun 963 Saka (6 November 1041 M) (Brandes 1913:137. OJO LXII). maka dimun-~ kinkanb ahwa Kelana Sewandana dapat diidentifikasikan dengan Raja (14aji) Wengker yang bernarna Panuda atau Adhamapanuda yang dikatakan hina seperti Rawana. Sebutan "hina seperti Rawana" ini dapat disebabkan oleh dua kemungkinan. Pertama, Haji Wengker merupakan musuh bebuyutan dan musuh terbesar raja Airlangga (Boechari, 1965). Begitu seringnya Haji Wengker memberontak terhadap raja Airlangga membawa akibat sering mendapat serangan dari Airlangga sejak tahun 952-957 Saka (1030-1035 M). Sebagai musuh terbesar maka pantaslah bila Airlangga memberi sebutan yang berkonotasi negatif (hina seperti Rawana) kepada Haji Wengker. Sebutan seperti ini dapat diterima karena pada umumnya pandangan seseorang terhadap musuh besarnya tentulah berkesan negatif. Kedua, rupa-rupanya tokoh yang hina seperti Rawana ini sebenarnya adalah seorang tokoh yang sering tampil mewakili Kelana Sewandana dalam berbagai bidang kehidupan seperti pemerintahan, peperangan, kebudayaan, dan sebagainya. Tokoh yang-dimaksud seperti Rawana ini tidak lain adalah patih kerajaan Bantarangin yang bernama Pujangganong atau Pujangga Anom atau Kelana Wijaya. Seperti diketahui bahwa seorang patih pasti mempunyai peran yang sangat besar dalam kehidupan suatu kerajaan. Patih Pujangganong ini memang digambarkan berwajah buruk tetapi sangat sakti. Untuk dapat menggerakkan massa dan tidak dikenali orang, maka ia memakai topeng benvujud muka raksasa. Oleh karena Pujangganong sering tampil menggantikan atau mewakili raja Kelana Sewandana dalam setiap bidang kehidupan, maka rupa-rupanya banyak musuh raja Wengker yang menganggap bahwa raja Wengker bernama Panuda atau Adhamapanuda berpenampilan seperti Rawana yang hina.

Pengidentifikasian Kelana Sewandana dengan Panuda dapat dimungkinkan karena Panuda hidup dalam konteks dengan kekuasaan raja Airlangga yang mempunyai seorang putrid mahkota bernama Sri Sanggramawijaya (yang diidentifikasi sebagai Dewi Sanggalangit).

Raja Wengker lain yang juga hidup dalam konteks kekuasaan raja Airlangga adalah raja Wijayawarmma. Akan tetapi raja ini sepertinya tidak dapat diidentifikasikan dengan Kelana Sewandana, mengingat akhir hidup raja ini sangat tragis. Seperti yang disebutkan dalam prasasti Pucangan bahwa pada tahun 959 Saka (1037 M), dengan menggunakan taktik visnugupta, raja Wijayawarmma ditangkap dan dibunuh oleh rakyatnya sendiri.

Ada kemungkinan dalam konteks kerajaan Kadiri tokoh Kelana Sewandana dapat diidentifikasikan dengan raja Sri Jayawarsa Digjaya Sastraprabhu. raja Jayawarsa adalah seorang anggota keluarga raja Daha (Kadiri) yang mendapat daerah lungguh di wilayah Wengker (Ponorogo), dan pada suatu ketika merasa dirinya cukup kuat untuk melepas dirinya dari kekuasaan kemaharajaan di Daha-Kadiri (Sumadio 1984:275). Raja ini memerintah di kerajaan Wengker antara tahun 1186-1204 M (Suhadi & Richadiana, 1996:52). Raja Jayawarsa telah mengeluarkan Prasasti Sirahketing tahun 1126 Saka (1204 M) (Brandes, 1913:149, OJO LXVI) dan Prasasti Mruwak tahun 1108 Saka (1 186 M) yang ditemukan di kabupaten Ponorogo.

Dalam ha1 ini perlu dicatat bahwa Prasasti Sirahketing itu hampir bersamaan dengan Prasasti Lawadan tahun 1127 Saka (1205 M), yaitu Prasasti terakhir atas nama raja Kadiri terakhir yaitu raja SrenggaKrtajaya. Raja ini memerintah antara tahun 1194-1222 M. Dengan demikian masa itu bertepatan dengan pemerintahan dua orang raja yaitu Sri Jayawarsa (di Wengker, Ponorogo) dan SrenggaIKrtajaya (di Daha, Kadiri). Bahkan diperkirakan sejak tahun 1204 M timbul "persaingan" kekuasaan antara Daha (Kadiri) dengan daerah kekuasaan Jayawarsa di Wengker (Ponorogo), yang kemudian memperlemah posisi Daha (Sumadio 1984:276)

Melihat keterangan tersebut di atas, di mana raja Jayawarsa (Wengker) dan raja Krtajaya (Kadiri) hidup dalam konteks ruang dm waktu yang sama serta terlihat jelas keterkaita~inya, maka fakta historis ini mungkin dapat dicari hubungannya dengan salah satu versi LRP. Salah satu versi legenda tersebut mengisahkan bahwa raja Daha (Kadiri) pada saat itu bemama Prabu Krtajaya. Raja ini mempunyai putri bernama Dewi Sanggalangit yang kemudian dipersunting oleh raja Kelana Sewandana dari kerajaan Bantarangin. Dalam ha1 ini, Prabu Krtajaya yang ada dalam legenda dapat diidentifikasikan dengan raja SrenggaKrtajaya (raja Kadiri terakhir) yang disebutkan dalam beberapa prasastinya sebagai fakta historis. Sedangkan raja Kelana Sewandana dapat dihubungkan dengan raja Sri Jayawarsa Digjaya Sastraprabhu dari kerajaan Wengker seperti termuat dalam prasasti Sirahketing dan Mruwak sebagai fakta sejarah.

Yang kemudian menjadi perkara adalah dengan siapa Dewi Sanggalangit ini akan diidentifikasikan, karena hingga saat ini belum ada surnber sejarah yang menyebut siapa anak dari raja Krtajaya. Sementara LRP menyebutkan bahwa Dewi Sanggalangit dihubungkan dengan Sri Sanggramawijaya yang kemudian menjadi pertapa dengan nama Dewi Kilisuci. Di sinilah telah terjadi anakronisme, karena seperti diketahui Sri Sanggramawijaya adalah anak dari raja Airlangga. Dengan demikian terdapat rentang waktu yang sangat jauh antara masa hidup Sri Sanggramawijaya (masa Airlangga, berdasar prasasti Cane 943 Saka) dengan masa hidup raja Krtajaya (masa akhir Kadiri, berdasar prasasti Lawadan 1127 Saka). Atas dasar keterangan dan beberapa alasan tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Kelana Sewandana (raja Bantarangin) lebih dekat untuk d~identifikas~kadne ngan raja PanudalAdhanmpanuda (raja Wengker). Hal ini juga didukung oleh data kontekstual (ruang dan waktu), di mana raja Panuda hidup semasa dengan kekuasaan raja Airlangga yang memiliki seorang putri bernama Sri Sanggramawijaya (Dewi Sanggalangit).

Indentifikasi Tokoh Dewi Sanggalangit

Dewi Sanggalangit adalah putri raja Kediri yang terkenal keelokan dan kecantikannnya. Oleh karena itu banyak raja dari berbagai tempat yang ingin meminang putri kerajaan Kediri tersebut. Salah satu raja tersebut adalah Prabu Kelana Sewandana dari kerajaan Bantarangin, yang kemudian mengutus Patih Pujangganong untuk melamar putri tersebut. Dalam pelamaran tersebut, Dewi Sanggalangit mengajukan beberapa syarat (bebana) yang hams dipenuhi oleh pihak pelamar.

Dalam hal ini tokoh Dewi Sanggalangit dapat diidentifikasikan dengan tokoh sejarah Sri Sanggramawijaya. Bahkan para pemilik atau pewaris legenda ini begitu meyakini bahwa Dewi Sanggalangit memang benar-benar,dapat dihubungkan dengan Sri Sanggramawijaya, yang tidak lain adalah anak raja Airlangga. Hal ini dapat dibuktikan dengan keterangan dari berbagai sumber sejarah. Mulai dari Prasasti Cane (943 Saka), Prasasti Sumber GuritIMunggut (945 Saka), Prasasti Kalamagyan (959 Saka), dan Prasasti Sendang Rejo (965 Saka) disebutkan bahwa pada masa pemerintahan Airlangga yang menjabat kedudukan sebagai rakryan mahamantri i hino (putri mahkota kerajaan) adalah Sri Sanggramawijaya Dharmmaprasa dottunggadewi. Namun karena muncul anak laki-laki Dharmmawangsa Teguh yang selamat dari serangan Haji Wurawari dan menuntut haknya, maka terpaksa Sri Sanggramawijaya digantikan Sri Samarawijaya. Selanjutnya Sanggramawijaya memilih penghidupan sebagai pertapa dengan nama Dewi Kilisuci. Menurut tradisi, Gua Selamangleng yang berada di Kediri sekarang diduga merupakan tempat pertapaan Dewi Kilisuci.

Indentifikasi Tokoh Raja Kediri

Dengan mendasarkan pada simpulan bahwa yang dimaksud sebagai Dewi Sanggalangit putri raja Kediri) adalah Sri Sanggramawijaya, sementara Sanggramawijaya adalah putri raja Airlangga, maka dapat diyakini bahwa raja Kadiri (ayahanda Dewi Sanggalangit) tentulah raja Airlangga. Dengan demikian adalah wajar atau dapat dibenarkan jika raja Airlangga dihubungkan dengan ayah dari Dewi Sanggalangit yang merupakan raja Kediri.

Mengenai raja Airlangga, umumnya para pakar menduga bahwa setelah membagi kerajaannya, Airlangga memasuki kehidupan sebagai pertapa mulai tahun 1042 M yakni setahun setelah dibuatnya sebuah pertapaan di Pucangan (tersebut di dalam Prasasti Pucangan). Airlangga menjadi pertapa dengan nama Resi Gentayu. Rouffaer (1909) berpendapat bahwa Gentayu adalah burung, sama dengan Garuda sebagai wahananya Wisnu, dan Airlangga sebagai penganut Wisnuisme sering dipatungkan sebagai Wisnu di atas Garuda. Mungkin nama ini dalam salah satu versi LRP disebut dengan Srigathayu, ayah dari Dewi Sanggalangit (Raja Kediri).

Berdasarkan salah satu versi LRP yang jelas menyebut bahwa raja Daha (Kediri) pada saat itu bernama Prabu Kertajaya, maka dapat diyakini bahwa dalarn konteks kerajaan Kadiri akhir, tokoh raja Kadiri yang dimaksud adalah raja Srenggaktajaya. Masa pemerintahan raja Srenggmajaya ini bertepatan dengan masa pemerintahan raja Sri Jayawarsa dari kerajaan Wengker. Dengan demikian dapat diketahui bahwa Prabu Krtajaya (dalam legenda) diidentifikasi dengan raja SrenggafKrtajaya (fakta sejarah), sedangkan Kelana Sewandana (dalam legenda) diidentifikasi dengan raja Sri Jayawarsa (fakta sejarah).

Hanya saja yang tidak dapat diterima adalah identifikasi tokoh Dewi Sanggalangit, karena Sri Sanggramawijaya itu jelas-jelas adalah putri raja Airlangga. Anakronisme telah terjadi di sini. Mungkinkah ada nama Sanggramawijaya lain yang merupakan anak Krtajaya. Tentu saja pertanyaan ini perlu dijawab dengan fakta sejarah.

Indentifikasi Tokoh Pujangganong.

Tokoh Pujangganong atau Bujang Ganong atau Pujangga Anom atau Kelana Wijaya adalah seorang Patih Kerajaan Bantarangin yang sakti serta memiliki bermacam-macam kemampuan. Menurut versi lain, Pujangganong adalah seorang patih yang juga adik raja Bantarangin. Bahkan ada versi yang menyebutkan Pujangganong adalah putra raja Kediri. Pujangganong inilah yang kemudian diutus oleh Kelana Sewandana untuk melamar Dewi Sanggalangit dari kerajaan Kediri.

Oleh karena itu belum ada sumber sejarah yang menyebutkan siapa nama patih kerajaan Wengker, maka untuk sementara ini hanya dapat dikatakan bahwa Pujangganong dapat diidentifikasikan dengan seorang patih kerajaan Wengker baik pada pemerintahan raja Panuda ataupun masa kekuasaan raja Sri Jayawarsa Digjaya Sastraprabhu. Ada kemungkinan bahwa Pujangganong atau Kelana Wijaya ini dapat diidentifikasikan dengan Wijayawarrma yang diduga menggantikan Panuda sebagai raja Wengker karena diserang dan dikalahkan oleh raja ~ i r l i np~ad~a ata hun 952 Saka (1030 M). Namun akhirnya raja Wijayawarrma juga diserang dan dikalakkan oleh raja Airlangga pada tahun 957 Saka (1035 M). Sudah barang tentu sebagai seorang patih kerajaan Wengker, Pujangganong mempunyai peranan yang sangat besar dalam segala bidang kehidupan. Hal ini dapat dilihat dan dibandingkan dengan patihpatih lain yang pernah disebutkan dalam sumber-sumber sejarah seperti: Patih Mahisa Campaka pada pemerintahan Wisnuwarddhana, Patih Gajah Mada pada masa Hayam Wuruk, dan Patih Raden Gajah pada masa pemerintahan Wikramawarddhana.

Indentifikasi Tokoh Singa Lodra.

Dalam salah satu versi LRP, Singalodra atau Singabarong atau Barong Seta dikenal sebagai patih kerajaan Kediri yang sangat sakti dan bertugas sebagai penjaga keamanan dan keselamatan kerajaan tersebut. Dia juga ditugasi raja Kediri untuk menghadang rombongan Kelana Sewandana yang akan melamar putrinya Dewi Sanggalangit, sehingga terjadilah peperangan antara Kelana Sewandana dengan Singalodra.

Pada versi lain dikisahkan bahwa Singalodra adalah seorang raja dari kerajain Lodaya yang merupakan pesaing atau rival Prabu Kelana Sewandana untuk melamar Dewi Sanggalangit di Kediri. Persaingan tersebut berubah menjadi perang yang hebat. Dalam peperangan tersebut, kedua belah pihak menunjukkan kesaltiannya. Raja Singalodra sangat sakti, ia dapat mengubah diri menjadi harimau yang menakutkan. Memang tokoh ini berwujud manusia yang benvajah menyerupai singa atau harimau. Untuk memenangkan peperangan, raja Kelana Sewandana menggunakan pusaka saktinya yakni Kyai Pecut Sumandiman yang disabetkan pada tubuh Singalodra. Demikian lemaslah tubuh Singalodra, hilanglah kekuatan dan kesaktiannya. Tubuh Singalodra tidak dapat berubah wujud menjadi manusia lagi. Akhirnya ia menjadi tawanan Kelana Sewandana.

Apabila mengacu pada versi pertama, yakni Singalodra adalah patih kerajaan Kediri, maka Singalodra dapat diidentifikasikan baik sebagai Patih Raja Airlangga maupun raja Krtajaya. Memang hanya sedikit sumber sejarah yang dapat memberikan keterangan tentang nama patih suatu kerajaan tertentu, seperti yang sudah disebut di depan. Sementara tidak ada keierangan siapa nama patih raja Airlangga ataupun raja Krtajaya. Namun dalam Prasasti Pucangan tahun 963 Saka disebutkan bahwa Airlangga dapat menyelamatkan diri dari serangan Haji Wurawari, dan masuk hutan dengan hanya diikuti seorang abdi bernama Narottama. Dialah abdi yang sangat teguh, setia, dan selalu mengikuti raja ke mana saja ia pergi tanpa pemah berpisah. Jika Narottama yang setia mengabdi kepada rajanya ini dapat dianggap sebagai patih raja Airlangga, maka tidak menutup kemungkinan bahwa Singalodra dapat diidentifikasikan sebagai Narottama. Dengan demikian apakah Narottama juga benvujud manusia yang benvajah singa seperti halnya Singalodra. Nampaknya tokoh manusia

berwajah singa ini sesungguhnya hanyalah nama gelar yang diberikan kepada seorang patih, yaitu gelar Narasingha. Nampaknya gelar ini sudah umum dipakai oleh seorang patih kerajaan, sebagaimana terlihat pada patih Mahisa Campaka (masa pemerintahan Wisnuwarddhana) yang diberi gelar Narasinghamurtti (Sumadio 1984:406).

Gelar Narasing- ha menf-i in-g atkan kita pada salah satu bentuk inkarnasi Wisnu, yakni Narasimha yang berupa makhluk setengah singa dan setengah manusia (Gupte, 1972). Inkarnasi Wisnu dilakukan dalam usaha menyelamatkan dunia dari kekuatan kejahatan, sama seperti tugas seorang patih yang bertugas menjaga keselamatan kerajaan. Sementara seperti diketahui bahwa raja Airlangga dianggap sebagai titisan Dewa Wisnu, sehingga tidak menutup kemungkinan patih raja Airlangga tersebut juga diberi gelar Narasingha, yang kemudian disebut Singalodra.

Jika mengacu pada versi legenda kedua, yakni Singalodra adalah seorang raja, maka secara langsung Singalodra dapat diidentifikasi sebagai seorang raja dari kerajaan Lodaya, terutama dalam konteks kekuasaan raja Airlangga. Namun sampai saat ini belum ada sumber sejarah yang memberi keterangan tentang siapa nama raja dari kerajaan Lodaya tersebut. Dari Nagarakertagama (XVII: 6-7) disebutkan tentang perjalanan Hayam Wuruk ke daerah Lodaya pada tahun 1279 Saka. Menurut Pigeaud (1960:48-49) Lodaya dilokasikan di kawasan sebelah selatan Delta Brantas, yaitu daerah hutan-hutan di pantai selatan antara Gunung Wilis di barat dan Gunung Semeru di timur. Mungkin sekali nama daerah Lodaya yang disebut dalam Nagarakcrtagan~a ini dapat diidentifikasikan dengan nama hutan atau kerajaan Lodaya yang diperintah oleh raja Singalodra atau Singabarong sebagaimana dikisahkan dalam legenda.

Identifikasi Lokasi

Mengaitkan nama-nama tempat yang disebut dalam LRP dengan nama-nama tempat dalam fakta sejarah sudah barang tentu akan mengalami kesulitan. Dengan kata lain, namanama kerajaan atau tempat legendaris kadang sulit dilokasikan. Namun ha1 ini dapat diatasi dengan bantuan kajian toponomi, yaitu pengkajian asal-usul nama tempat. Berikut ini akan dilakukan identifikasi tempat sesuai konteks spasial yang disebutkan baik dalam legenda maupun daiam fakta historis. Berdasarkan versi yang beredar maka dapat diketahui beberapa nama tempat yang menjadi setting cerita LRP seperti: Bantarangin, Kediri, dan Lodaya.

Identifikasi Lokasi Bantarangin

Bantarangin adalah nama kerajaan legendaris yang menjadi salah satu fokus dalam LRP. Kerajaan ini diperintah oleh raja Kelana Sewandana dan patihnya bernama Pujangganong. Nama Bantarangin berasal dari kata "angin banter" (angin kencang), yaitu suatu tempat datar yang anginnya sangat kencang. Menurut legenda yang beredar, lokasi Bantarangin ini berada di sebelah timur Gunung Lawu, yang berarti juga berada di sebelah barat Gunung Wilis. Dengan kata lain, Kerajaan Bantarangin dilokasikan terletak antara Gunung Lawu dan Gunung Wilis, atau di daerah Ponorogo sekarang ini. Apabila identifikasi lokasi kerajaan Bantarangin ini memang berada di daerah Ponorogo sekarang, maka kerajaan Bantarangin yang tercipta dalam konteks kerajaan Kediri tersebut merupakan gambaran langsung dari kerajaan Wengker di Ponorogo.

Berdasarkan pengkajian asal-usul nama tempat (toponomi) tersebut di atas, nama Bantarangin yang berarti angin kencang atau angin besar dapat ditafsirkan sebagai suatu kerajaan yang sering menimbulkan prahara be&, atau dengan kata lain sebagai kerajaan daerah yang sering melakukan pemberontakan terhadap kerajaan besar atau kerajaan pusat. Keterangan ini memang sesuai atau identik dengan kerajaan Wengker yang sering melakukan pemberontak& terhadap kekuasaan raja Airlangga. Begitu seringnya raja Wengker memberontak terhadap raja Airlangga, membawa akibat Wengker sering mendapat serangan dari Airlangga. Prasasti Pucangan tahun 963 Saka (1041 M) (Brandes, 1913:137, OJO LXII) memberikan keterangan tentang penyerangan-penyerangan raja Airlangga terhadap raja Wengker dan musuh-musuh laimya. Melihat seringnya kerajaan Wengker memberontak, maka Boechari (1965) berpendapat bahwa yang dianggap musuh besar raja Airlangga adalah kerajaan Wengker. Bahkan menurut pemilik legenda, nama Wengker berasal dari kerata basa

"wewengkon kang angker", yaitu suatu wilayah yang menakutkan. Kerata basa ini mungkin sekali ada benarnya, karena rupa-rupanya raja Airlangga memang memandang Wengker adalah daerah lungguh atau wewengkon yang paling angker atau menakutkan, sehingga kerajaan Wengker dianggap musuh terbesar dan angker oleh raja Airlangga.

Identifikasi kerajaan Wengker dapat pula dilakukan dengan mendasarkan pada sumber sejarah berupa prasasti. Dalam Prasasti Pucangan (963 Saka) disebutkan bahwa kerajaan Wengker pada masa pemerintahan raja PanuddAdhamapanuda (952 Saka) berada di Lewa. Kata Lewa sebenarnya sudah tidak jelas lagi, karena batunya sudah usang. Brandes (1913: 139) membacanya Lewa. Sementara Kern (1917) hanya membaca huruf akhirnya saja. Sedangkan Krom (1914) mengusulkan pembacaan rawa, dengan catatan bahwa baik Rawa maupun Lewa sebagai nama tempat. Sedangkan pada masa pemerintahan raja Wijayawarmma (957 Saka), Keraton Wengker berada di Tapa kemudian pindah ke Kapang. Keterangan ini sangat terbatas, sehingga belum dapat dilakukan identifikasi di mana letak Lewa, Tapa, ataupun Kapang. Namun demikian, dari beberapa praduga lokasi dan keterangan dalam prasasti tersebut di atas diketahui bahwa pusat kerajaan Wengker sering mengalami perpindahan tempat. Perpindahan pusat kerajaan seperti ini memang merupakan suatu ha1 yang sudah biasa terjadi di dalam sejarah pertumbuhan dan perkembangan kerajaan-kerajaan di Indonesia.

Identifikasi Lokasi Kediri

Kerajaan Kediri yang disebutkan dalam LRP dapat dihubungkan atau diidentifikasikan dengan kerajaan Kadiri yang beribukota di Daha. Kerajaan Kadiri ini merupakan salah satu kerajaan hasil pembagian kerajaan Airlangga menjadi dua, yang dikenal pula dengan nama Pangjalu. Kerajaan Pangjalu (Kadiri) ini beribukota di Daha. Kerajaan yang lain bernama Janggala (Singhasari) dan beribukota di Kahuripan. Adapun batas kedua kerajaan tersebut menurut prasasti Wurara (1211 Saka) maupun Kitab Nagarakertagama dan Calon Arang adalah sebuah sungai. Sungai tersebut n~engalir dari barat ke timur sampai ke laut. Krom (1931) cenderung memperkirakan batas sungai tersebut adalah Kali Leksa. Akan tetapi mengingat daerah persebaran prasasti Airlangga, yaitu daerah antara Bengawan Solo dan Kali Brantas antara Babat dan Ploso ke timur, maka lebih condong untuk memandang Kali Lamong sebagai batas antara kedua Kerajaan itu. Sementara Soekmono (197357) mengatakan bahwa yang menjadi batas kedua wilayah itu adalah Gunung Kawi ke utara dan selatan. Kerajaan Kadiri yang beribukota di Daha ini mungkin sekali berada di daerah Kediri sekarang. Hal ini dapat disimpulkan dari tempat-tempat penemuan prasasti batu yang sebagian besar ada di daerah Kediri.

Identifikasi Lokasi Lodaya

Kerajaan Lodaya yang disebutkan dalam legenda adalah kerajaan legendaris yang diperintah oleh raja Singalodra atau Singabarong. Raja ini merupakan pesaing atau rival Prabu Kelana Sewandana yang sama-sama hendak melamar Dewi Sanggalangit di Kediri. Persaingan tersebut berakhir menjadi perang yang hebat. Kerajaan Lodaya dalam legenda ini dapat dihubungkan dengan kerajaan Lodaya yang disebutkan dalam Nagarakertagama, khususnya dalam konteks kekuasaan raja Airlangga. Dari Nagarakertagama (XVII:6-7) disebutkan tentang perjalanan Hayam Wuruk ke daerah Lodaya pada tahun 1279 Saka. Menurut identifikasi lokasi yang dilakukan Pigeaud (1960:48-49) Lodaya adalah wilayah yang berada di sebelah selatan Delta Brantas, yakni daerah hutanhutan di pantai selatan antara Gunung Wilis di barat dan Gunung Semeru di timur. Dapat dimungkinkan nama daerah Lodaya yang disebut dalam Nagarakertagama ini dapat diidentifikasi dengan kerajaan Lodaya yang diperintah oleh raja Singalodra.

Identifikasi Peristiwa

Ada dua peristiwa penting dalam LRP yang akan dikaji secara historis pada kesempatan ini, yaitu peristiwa peperangan antara Kelana Sewandana dengan SingalodrdSingabarong dan peristiwa pelamaran Prabu Kelana Sewandana untuk meminang Dewi Sanggalangit di Kediri.

Identifikasi Peristiwa Peperangan

Peristiwa peperangan dalam legenda meliputi dua versi. Versi pertama adalah peperangan antara Prabu Kelana Sewandana (Kerajaan Bantarangin) versus Singalodra/Singabarong selaku patih kerajaan Kediri yang ditugasi menghadang rombongan Kelana Sewandana yang akan melamar putri raja Kediri bernama Dewi Sanggalangit. Jika versi ini yang berlaku, lnaka peristiwa peperangan ini dapat diidentifikasi sebagai peperangan antara raja PanudalAdhamapanuda (kerajaan Wengker) versus raja Airlangga. Dalam peperangan versi legenda tersebut Singalodrd Singabarong dikalahkan oleh Prabu Kelana Sewandana. Akan tetapi dari sumber sejarah, yaitu Prasasti Pucangan (963 saka) menyebutkan bahwa akibat peperangan pada tahun 952 saka (1030 M) tersebut, raja Panuda kemudian lari meninggalkan keratonnya di Lewa, tetapi dikejar terus hingga ke Desa Galuh dan Barat. Selanjutnya pada tahun 953 Saka (1031 M) anak raja Panuda dapat dikalahkan dan keratonnya dihancurkan. Dengan demikian raja Airlangga telah berhasil mengalahkan raja Pamda (Haji Wengker). Pembalikan fakta semacam ini tentu saja dapat diterima, karena selaku pemilik legenda pasti tidak akan rela bila kerajaannya (Bantarangin) dianggap sebagai kerajaan yang lemah. Pandangan subjektif seperti ini sah-sah saja, terutama menyangkut pandangan seseorang atau suatu komunitas terhadap musuh besarnya pastilah berkesan negatif. Oleh karena itu untuk menaikkan citra kerajaannya, maka perlu adanya pembalikan fakta dengan cara menciptakan legenda tentang kemenangan dalam suatu perang. Dalam ha1 ini terjadi pembalikan fakta: "yang kalah dimenangkan, yang menang dikalahkan".

Sementara itu bila kita mengacu pada versi kedua, yakni peperangan antara raja Kelana Sewandana (kerajaan Bantarangin) versus raja SingalodrdSingabarong (kerajaan Lodaya) dalam usaha memperebutkan Dewi Sanggalangit, maka kisah perang tersebut dapat diidentifikasikan sebagai peperangan antara kerajaan Wengker (entah raja Panuda atau raja Sri Jayawarsa) melawan kerajaan Lodaya. Dalam peperangan versi legenda tersebut raja Kelana Sewandana berhasil mengalahkan raja Singalodra. Bahkan Singalodra kemudian menjadi tawanan dan mengabdikan hidupnya untulc raja Bantarangin tersebut. Sementara itu hingga saat ini belum ada sumber sejarah yang menyebutkan terjadinya peperangan antara kerajaan Wengker versus kerajaan Lodaya. Namun dari kerajaan tersebut di atas dapat diketahui bahwa di samping terjadi peperangan antara kerajaan pusat (maharaja) dengan kerajaan daerahlbawahan (kerajaan vassal), mungkin sekali terjadi pula peperangan di antara kerajaan-kerajaan daerah tersebut, seperti yang terjadi antara kerajaan Wengker melawan kerajaan Lodaya.

Identifikasi Peristiwa Pelamaran

Satu lagi peristiwa penting yang dikisahkan dalam LRP adalah peristiwa pelamaran Prabu Kelana dan rombongan untuk meminang Dewi Sanggalangit di Kediri. Dalam legenda diceritakan bahwa sang putri bersedia menerima lamaran Prabu Kelana Sewandana dengan tiga syarat (bebana), yaitu:

1) calon pengantin lakilaki hams laku landhak sampai ke Kediri, yakni berjalan di bawah tanah melalui terowongan,

2) menyuguhkan jenis kesenian yang belum pernah ada di dunia, dan 3) membawa binatang buas dengan burung merak bertengger di atasnya. Dalam perjalanan melamar, rombongan Kelana Sewandana dihadang Singabarong. Terjadilah peperangan yang dimenangkan Kelana Sewandana. Singabarong dijadikan tawanan dan abdi bagi raja Bantarangin tersebut. Rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke keraton Kediri. Dengan menggunakan topeng sakti dm membawa Cemeti Samandiman, Prabu Kelana Sewandana berjalan paling depan diiringi Singa-barong, Patih Pujangganong, dan para prajurit Bantarangin. Di atas kepala Singabarong bertengger merak yang sedang menari (ngigel). Rombongan Prabu Kelana Sewandana berhasil menghadap raja Kediri, namun ternyata lamarannya ditolak dan rencana perkawinanpun dibatalkan.

Kisah pelamaran Prabu Kelana Sewandana (Bantarangin) terhadap Dewi Sanggalangit (Kediri) seperti yang disebutkan dalam legenda tersebut ternyata tidak dapat diidentifikasikan dengan fakta sejarah yang ada. Karena memang belum ada sumber sejarah yang menyebutkan peristiwa pelamaran raja Wengker (Bantarangin) terhadap Sanggramawijaya (Dewi Sanggalangit, putri Kediri). Akan tetapi justru yang terjadi adalah bahwa Sanggramawijaya - yang sebelumnya dikenal sebagai i hino (putri mahkota) dari raja Airlangga - pada tahun 959 saka memilih penghidupan sebagai pertapa (biksu) dengan nama Dewi Kilisuci.

Rupa-rupanya peristiwa pelamaran dalam legenda yang diceritakan melalui perjalanan laku landhak dengan komposisi iring-iringan seperti tersebut di atas merupakan gambaran takluknya SingalodraISingabarong (baik sebagai patih Kediri ataupun raja Lodaya) pada Prabu Kelana Sewandana (Bantarangin). Melalui gambaran penaklukan, maka kisah ini dapat dihubungkan dengan fakta sejarah berupa peperangan kedua antara raja Airlangga versus raja Wijayawarmma (Haji Wengker). Dalam ha1 ini, sekali lagi mungkin terjadi pemutarbalikan fakta. Karena sumber sejarah (Prasasti Pucangan tahun 963 Saka) rnenyebutkan bahwa setelah mengalahkan Panuda (Haji Wengker) pada tahun 952 Saka (1030 M), rupa-rupanya pada tahun 957 Saka (1035 M) Haji Wengker memberontak lagi. Namun yang berkuasa di Wengker bukan lagi raja Panuda tetapi raja Wijayawarmma. Dalam prasasti disebutkan bahwa pada tahun 957 Saka raja Airlangga menyerbu lagi kerajaan Wengker. Karena kewalahan Haji Wengker kemudian meninggalkan keratonnya di Tapa, dan melarikan diri ke daerah yang sulit dicapai. Dialah raja terakhir yang masih belum tunduk pada Prabu Raja Airlangga. Tetapi baru pada tahun 959 Saka (3 November 1037 M) ia dapat ditangkap di Kapang, lalu dibunuh. Dalam prasasti disebutkan pula adanya pembuatan pertapaan untuk raja Wijayawarmma yang diberi nama Sri Wijayassrama.

Dengan terbunuhnya raja Wijayawarmma dari Wengker itu maka selesailah kampanye penaklukan raja Airlangga. Dengan demikian Prasasti Pucangan mernbuktikan bahwa Airlangga sebagai pemersatu kerajaan (Mesiah). Maka iapun duduk di atas Singgasana dan rneletakkan kakinya di atas kepala musuh-musuhnya. Hal ini tercermin dari adanya temuan patung perwujudan raja Airlangga -- yang diduga dari Belahan -- berupa patung Wisnu duduk di atas Garuda yang dianggap sebagai Singgasananya (Krom 1914:442-443, Kemper 1959:70). Akan tetapi, patung Wisnu (Airlangga) duduk di atas Garuda inilah yang justru dijadikan bentuk Reyog Ponorogo dengan cara dibalik, yaitu Garuda (Merak) duduk di atas Airlangga (Barongan). Rupa-rupanya bentuk Reyog ini merupakan satire atau bentuk penghinaan dari pemilik legenda (rakyat Wengker) kepada Raja Airlangga sebagai musuh besarnya. Pemutarbalikan fakta dengan cara menciptakan legenda semacam ini tentulah bermaksud untuk menaikkan citra kerajaannya.

Lebih lanjut legenda reyog menceritakan adanya penolakan terhadap pelamaran tersebut. Mungkin sekali penolakan ini juga merupakan gambaran penolakan Sanggramawijaya untuk menggantikan ayahnya (Airlangga) sebagai raja, dan memilih menjadi pertapa. Penolakan ini terjadi karena Sanggramawijaya tidak menginginkan adanya perebutan kekuasaan yang mengarah pada perpecahan. Justru ia menginginkan tetap bersatunya kerajaan tersebut, sehingga ia bersedia menyerahkan kekuasaan kepada Samarawijaya.



PENUTUP

LRP sebagai sastra lisan atau sastra rakyat erat hubungannya dengan nama-nama tokoh, lokasi, dan peristiwa dalam sejarah, meskipun penyebutan itu telah mengalami proses kreativitas dan transformasi. Berdasarkan analisis hubungan dan identifikasi yang telah dilakukan menghasilkan interpretasi identitas tokoh, lokasi, dan peristiwa dalam LRP dengan tokoh, lokasi, dan peristiwa historis. Identitas tokoh dalam LRF-sejarah: Prabu Kelana Sewandana-raja Panuda, Dewi Sanggalangit-Sri Sanggaramawijaya, raja Kediri-raja Airlangga, Pujangganong-patih raja Wengker (Wijayawarrma?), Singalodra-patih raja Kadiri (Narottama?)lraja Lodaya. Identifikasi lokasi dalam LRl-sejarah: kerajaan Bantarangin-kerajaan Wengker, kerajaan Kediri-kerajaan Kadiri, kerajaan Lodaya-kerajaan Lodaya. Identifikasi peristiwa dalam LRP-sejarah: peperangan antara Prabu Kelana Sewandana (Bantarangin) versus Singalodra (patih Kedirilraja Lodaya)-perang antara raja Panuda (Wengker) versus raja Airlanggdraja Lodaya, Prabu Kelana Sewandana (Bantarangin) melamar Dewi Sanggalangit (Kediri)-kerajaan Airlangga (Kadiri) menyeranglmenundukkan kerajaan Wengker.

Hasil analisis historis tersebut di atas menunjukkan adanya beberapa distorsi nama tokoh, lokasi, dan peristiwa dalam LRP dari nama tokoh, lokasi, dan peristiwa dalam sejarah kerajaan Wengker-Kadiri. Terjadinya distorsi-distorsi semacam ini tentu saja dapat dipahami serta dapat dikaitkan dengan psikologi masyarakat pemilik legenda yang ingin rnenjaga harga diri dan kehornlatan raja dan rakyatnya yang diserang dan ditundukkan oleh kerajaan lain.

Sebagai penutup dapat dikatakan bahwa jenis pendekatan dan hasil yang diperoleh dalam kajian ini bukan harga mati. Analisis dengan cara dan data historis lain barangkali memberikan alternatif kesimpulan lain. Perlu diketahui pula bahwa penulisan sejarah apapun, pada kenyataannya memang selalu kaya dengan beda pendapat yang kemudian melahirkan perbedaan versi. Keterangan sejarah kadang harus diubah karena adanya penemuan data atau sumber baru (Soekmono, 1965). Bahkan sumber sejarah yang ada mempunyai keterbatasan, baik kualitas maupun kuantitasnya, sehingga sejarah yang ditulis penuh dengan bagian-bagian yang kurang jelas dan kurang tegas. Bukan hanya karena sumber-sumber sejarah yang kurang lengkap, tetapi juga karena apa yang telah kita miliki tidak memberikan keterangan yang jelas. Jadi sejarah yang disusun sebenarnya belum final dan masih perlu ditulis agar lebih lengkap dan dapat dipertanggung-jawabkan kebenarannya.




DAFTAR RUJUKAN

Abdullah, T. 1982. Di Sekitar Sejarah Lokal di Indonesia. MakaIah disajikan dalam Seminar Sejarah Nasional I1 (Panel Sejarah Lokal). Jakarta: Proyek IDSN, Direktorat Sejarah & Nilai Tradisional, Depdikbud.

Boechari. 1965. Epigrafi dan Historiografi Indonesia. Dalam Soejatmoko (Eds.). Historrografi Indonesia Sebuah Pengantar (hlm. 39-57). Terjemahan oleh Mien Djubhar. 1995. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Boechari. 1968. Epigrafi dan Historiografi Indonesia. Dalam Soejatmoko (Eds). Historiografi Indonesia Sebuah Pengantar (hlm. 39-57). Terjemahan oleh Mien Djubhar. 1995. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Brandes, J.L.A. 19 13. Oud Javaansche Oorkonden. Nagelaten Transscripties van Wijlen Dr. J.L.A. Brandes, Uitgegeven door Dr. N.J. Krom. VBG, LX.

Dama~sL, .Ch. 1952. Etudes D'Eplgraphie Indonesienne 111. BEFEO, XLVI. Paris.

Damais, L.Ch. 1965. Sejarah Indonesia Menjelang Abad 17: Beberapa Sumber dan Petunjuk. Dalam Soedjatmoko (Eds.). Historiografi Indonesia Sebuah Pengantar (him. 17-29). Terjemahan oleh Mien Djubhar. 1995. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Danandjaja, J. 1984. Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng dun lain-lain. Jakarta: Grafiti Press.

Kempers, A.J.B. 1959. Ancient Indonesia Art. Cambridge Massachusetts: Harvard University Press.

Kern, H. 1917. De Steen van den berg Penanggungan (Surabaya), thans in 't Indian Museum te Calcuta. VG, VII: 83-1 14.

Krom, N.J. 1914. De Wisnu Van Belahan. TBG, LVI: 441-444. Batavia- S'Gravenhaje: Martinus Nijhoff.

Krom, N.J. 193 1. Hindoe Javaansche Geschiedenis 2 de. S'Gravenhage: Martinus Nijhoff

Piqeaud, Th. G. Th. 1960. Java in the Fourteenth Century: A study in Cultural History I. The Hague : Martinus Nijhoff.

Poerbatjaraka, R. Ng. 1941. Strophe 14 Van de Sanskrit-Zijde der Calcutta-Steen. TBG, LXXXI : 425-437.

Raglan, F.R.S.L. 1965. The Hero of Tradition. Dalarn Alan Dundes (Ed). The Study of Folklore (him. 142-157). Engle-vood Cliffs, N.J. prentice-Hall, n\TC

Soekmono, R. 1965. Arkeologi dan Sejarah Indonesia dalam Soedjatmoko (Eds).Historiografi Indonesia Sebuah Pengantar (hlm. 58-67). Terjemahan oleh Mien Djubhar. 1995. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Soekmono, R. 1973. Pengantar Sejarah Kebudayaan Indonesia 2 Jakarta: Balai Pustaka.

Stutterheim, W.F. 1940. Koning Teguh op een Oorkonde? TBG, LXXX : 345-366.

Suhadi, M & Richadiana K. 1996. Laporan Penelitian Epigrafi di Wilayah Provrnsi Jawa Timur. Jakarta : Puslitankenas.

Sumadio, B. 1984. Jaman Kuno. Sejarah Nasional Indonesia 11. Jakarta: Balai Pustaka