Laman

Rabu, 03 Juni 2009

Singo Barong = Liger


Liger adalah nama hasil kawin campur antara singa dan harimau. Liger merupakan kawin campur antara ibunya adalah seekor harimau dan bapaknya adalah seekor singa.

Sedangkan jika bapaknya seekor singa dan ibunya seekor liger, maka akan menghasilkan apa yang disebut sebagai Li-linger (lebih dominan seperti singa).

Liger sebagai sebutan ”ilmiah” makhluk blasteran ini sebetulnya kejadian cukup istimewa. Sebab, ”liger” ini istilah paten bagi anakan jantan singa dengan betina harimau. Kalau harimau jantan dengan singa betina blasterannya bernama ”tigon” alias tiger-lion. Namun, anakan campuran tigon itu jarang terjadi dan jarang berumur panjang. Kalau anakan liger, itu sudah jamak karena anakan liger pertama di dunia itu lahir di Hagenpark, Hamburg, pada 11 Mei 1897.

Upaya kolektor dan naturalis Carl Hagenbeck ”mengawinsilangkan” singa jantan dan harimau betina, sampai menghasilkan anakan liger aneh tetapi lucu, tentu bikin gempar pencinta zoologi dunia. Sebab, badan liger itu terus membesar, bahkan ada kecenderungan memiliki ukuran dan bobot badan lebih besar dari kedua induknya.

Liger itu potongan dan bentuk mukanya tetap singa, termasuk ekor dengan pentolan rambut di ujungnya. Warna dasar liger yang coklat kekuningan gelap, dikombinasi loreng dan bercak tutul sama-samar, menjadi ciri khas liger di mana pun binatang blasteran itu dilahirkan.

Makin tambah tahun, liger pun kian membanyak karena kolektor kebun binatang dan pemerhati zoologi tanpa sadar senang menjadi comblang yang bikin singa dan harimau kawin gelap tetapi terang-terangan.

Sementara itu, usaha perjodohan dan ”pengawinan” harimau-singa boleh dikata jarang sukses. Hasilnya ada juga tigon meski umurnya itu tidak panjang dan singa betina pun susah bunting meski sudah ”dikawin paksa” dengan harimau jantan, entah mengapa?

Adapun anakan lion-tiger ini terbukti hidup sehat dan panjang umur, misalnya dua ekor liger kelahiran Kebun Binatang Bloemfontein di Afrika Selatan pada tahun 1935 tetap sehat sampai tahun 1953. Kalau liger paling bongsor dan berat menurut catatan Book of World Records, tentunya si Hercules, liger dari Miami yang sampai kini masih muncul dalam tayangan Good Morning America. Campuran singa-macan itu berbobot dua kali singa normal. Waktu umurnya tiga tahun berat Hercules sudah 408 kilogram. Padahal, berat rata-rata liger jantan sekitar 320 kg dan panjang badan sekitar 300 sentimeter.

Sayangnya, sesama liger sulit dimurnikan dalam perkawinan agar jadi anakan liger lanjutan. Rupanya secara hipotetis hormonal, liger jantan itu biasanya steril alias gabuk. Sebaliknya, liger betina oke-oke saja, dapat kawin dan bunting serta menghasilkan anakannya, asal bukan dengan jantan liger juga. Dari catatan, seekor liger betina dapat disilangkan dengan singa jantan biasa, anaknya pun menjadi li-liger alias lion lion-tiger.


Liger, Kucing Terbesar di Dunia

JENIS kucing (Feline family felidae) terbesar di dunia adalah Liger. Berat badan Liger bisa mencapai 500 kilogram atau dua kali berat singa jantan. Panjangnya mencapai tiga meter. Tetapi adik-adik tidak perlu khawatir bakal bertemu Liger di hutan. Walau termasuk binatang karnivora (buas), Liger hanya ada dan dikembangbiakan di kebun binatang.

Liger merupakan hasil perkawinan silang singa jantan (Panthera leo) dengan harimau betina (Panthera tigris). Liger menyerupai harimau dan memiliki belang. Sebagai jenis kucing, Liger jauh lebih besar ketimbang harimau Siberia yang merupakan kucing terbesar dari galur murni. Sama seperti harimau, Liger suka berenang. Sedangkan singa tidak suka berenang. Kalau perkawinan silang singa betina dengan harimau jantan, maka keturunannya disebut Tigon.

Hampir tidak pernah ada laporan tentang perkawinan silang singa dengan harimau di alam liar. Pada habitat liar, jelajah singa dengan jelajah harimau tidak pernah saling bertemu.

Catatan awal tentang Liger adalah di Asia pada abad ke-19. Lukisan yang menggambarkan dua ekor Liger dibuat Tienne Geofroy Saint-Hilaire, dan pada 1825, G.B. Whitaker menggambarkan kelahiran Liger. Tahun 1837, dua ekor Liger dipersembahkan bagi Raja William IV. Pada 14 Desember 1900 dan 31 Mei 1901, Carl Hagenback menulis dan membuat foto kelahiran Liger di kebun binatang Hagenbeck's Tierpark, Hamburg, Jerman.

Pada 1935, empat ekor Liger lahir di kebun binatang Bloemfontein, Afrika Selatan. Tiga di antaranya masih hidup hingga tahun 1953. Dari sisi usia, Liger betina bernama Shasta, hidupnya paling lama. Liger betina yang lahir Kebun Binatang Hoogle, Salt Lake City, pada 14 Mei 1948 dan mati pada 1972.

Faktor gen kemungkinan merupakan faktor yang membuat ukuran badan Liger sangat besar. Badan yang besar ini dimiliki baik Liger jantan maupun betina. Liger betina dapat mencapai berat 320 kilogram dan panjang 3 meter.

Hercules dan Sinbad
Seekor Liger jantan terbesar bernama Hercules, hidup di Jungle Island, Miami, Amerika Serikat. Beratnya mencapai dua kali berat singa jantan. Beberapa kali pada 2005, Hercules tampil di layar televisi. Hercules tercatat sebagai kucing terbesar dan masuk dalam Book of World Records. Kini, Hercules dipastikan dalam kondisi sehat dan dapat berumur panjang. Seekor Liger yang tubuhnya sama besar dengan Hercules bernama Sinbad.










Tidak ada komentar:

Poskan Komentar